NOW LOADING

Mitsubishi Eclipse Cross

Beranda Berita Mitsubishi Eclipse Cross
Mitsubishi Eclipse Cross
10 August 2021
Mitsubishi Eclipse Cross Ultimate. Berawal dari sebuah model konsep bernama XR-PHEV dan XR-PHEV II yang diperkenalkan pada tahun 2013 serta 2015 silam, Mitsubishi Motors meluncurkan produk terbarunya di ajang Geneva Motor Show, pada Maret 2017 dengan nama Eclipse Cross. Hal yang membuat SUV berkonsep crossover ini benar-benar keren adalah fitur-fiturnya yang berlimpah. Selain itu, masih ada kelebihan-kelebihan lainnya lagi lho! Apa saja sih?

Pertama, yaitu dimensi dan ukuran
Kira-kira Eclipse Cross ini ukurannya sebesar apa sih? Jadi bukan cuman harganya aja yang di tengah-tengah Pajero Sport & Outlander Sport, namun ukurannya juga di tengah-tengah. Panjangnya 4,4 meter alias sekitar 0,1 meter lebih panjang dari Outlander Sport dan lebih pendek sekitar 0,4 meter dari Pajero Sport. Wheelbasenya sama dengan Outlander Sport, yaitu 2,67 meter.

Kedua, sekeren apasih bodynya?
Sekilas kalau dilihat, tampilan Eclipse Cross ini unik banget, bagian belakangnya menukik landau. Kaca belakangnya terbagi dua jadi yang miring dan vertikal. Menurut Mitsubishi, dari sisi samping bentuknya terinspirasi dari gestur atlet saat ready-set-go diposisi set.
Bagian depan mengadopsi Dynamic Shield, dengan list chrome yang besar membentuk aksen huruf X dan di bagian tengah ada panel piano black besar yang terkesan sangar juga futuristic dari depan. Layout lampunya seakan mengkombinasikan Xpander dan Pajero Sport. Di atas ada LED, lampu utama projector LED, lampu jauh projector LED yang sama, lampu sein di bawahnya halogen dan lampu foglamp halogen di paling bawah.
Pada bagian samping, terlihat desain unik garis body khas Mitsubishi yang menekuk di bagian pintu depan. Namun, garis belakangnya miring naik ke atas, nyambung dengan lampu belakangnya. Begitu juga bentuk list jendela yang naik ke atas, sedangkan bentuk atapnya menukik atau looping. Jadi sangat terlihat jelas kesan ala SUV Coupe. Selain itu, terdapat roofrail, kemudian velgnya bermotif dual tone 18 inchi. Fender depan dan belakang sama-sama terlihat besar. Spion langsung menempel pada pintu depan, dan ada list chrome mengitari list jendelanya.
Kemudian yang paling unik, yaitu pada bagian belakangnya, dimana bagian kacanya dibelah dengan lampu yang sangat amat panjang. Lampunya dari samping sangat unik, seakan berbentuk zig-zag. Bumper bawahnya besar dan terdapat tambahan dua panel silver. Sedangkan, detail uniknya lampu belakangnya agak tersembunyi di belakang spoiler agar memberi tampilan lebih bersih. Walaupun kaca belakangnya terbelah menjadi dua bagian, tapi tetap ada defoggernya. Terdapat pula antena sirip hiu. Pada lampu belakang terdapat LED bar yang menekuk membentuk huruf C. Kemudian, lampu remnya LED Dots ditambah high nonstop lamp LED yang ada di tengah-tengah garis panjang lampu tersebut. Lampu sein halogen, sedangkan lampu mundur halogen ada di paling bawah.

Ketiga, bermesin turbo
Ecliipse Cross dapat mesin baru dengan kode 4B40, mesinnya bertenaga 1.500 CC tapi jangan salah, meskipun kapasitasnya kecil tapi memiliki turbo charger dan dilengkapi dengan direct injection yang sangat canggih. Output mesinnya tergolong tidak terlalu besar, 148 HP atau 150 PS, tapi dimensi Eclipse Cross ini termasuk sangat compact dan bertorsi sangat besar di kelas mesin 1.500 CC turbo charger, yaitu 250 Newton meter. Transmisinya CVT dan disediakan mode manual 8 percepatan, serta terdapat paddle shift yang ukurannya lumayan besar.

Keempat, interior modern
Eclipse Cross menggunakan interior yang berbeda dibandingkan mobil Mitsubsihi lainnya. Keunikannya adalah desain dashboard yang sangar. Desain baru ini memakai head unit yang kekinian. Desain console tengahnya juga sangat padat dan dipenuhi banyak tombol. Bahkan ada trackpad baru untuk control head unitnya. Interiornya juga dibalut dengan banyak aksen piano black dan silver. Kemudian, pada bagian setirnya, bisa tilt dan telescopic juga.
Sedangkan di balik setir ini, terdapat paddle shift besar khas Mitsubishi. Pemakaian bahan juga tergolong premium, seperti di atas dashboard dan door trim yang sudah dilapisi bahan soft touch. Eclipse Cross memakai dual sunroof, jadi baik penumpang di depan dan belakang, keduanya kebagian sunroof.
Joknya dilapisi kulit asli berwarna hitam dan terdapat stitches. Sudah pasti, joknya bakal membuat penumpang merasa nyaman. Pengaturan jok sudah elektrik 8 arah. Untuk bagian arm rest dipintu dan di bagian tengah sudah dilengkapi dengan kulit yang sangat empuk. Kemudian, jok di bagian belakang bisa dimaju mundurin sesuain kapasitas bagasi di belakang. Sudut sandaran joknya bisa diubah menggunakan tuas. Terdapat 3 headrest justable dan armrest, juga ada 3 titik seatbelt pada bagian belakang.

Kelima, fitur – fitur pintar yang berlimpah
Mungkin ini yang jadi point kelebihan Eclipse Cross dibandingkan pesaing-pesaingnya, yaitu fitur safety yang terlalu pintar. Untuk fitur safety standar, tentu ada, seperti rem cakram pada setiap roda, rem EBS, EBD, Brake Asists, hill start assist, 7 airbag, dudukan jok isofix, stability control, dan active yaw control yang bisa meningkatkan performa saat bermanuver dengan mengoptimalkan tenaga pada rem depan. Ada 4 sensor parkir di depan, 4 di belakang, dan ada kamera mundur. Namun yang akan dibahas adalah fitur safety pintar yang sebelumnya hanya ada di Pajero Sport Dakar Ultimate saja. Pertama, yang paling canggih yaitu Adaptive Cruise Control untuk menahan kecepatan yang sudah ditentukan, fitur ini dapat menjaga jarak dengan mobil di depannya. Apabila mobil di depan menurunkan kecepatan mobil, kecepatan kita kan ikut turun tanpa perlu injak rem. Bahkan, jika mobil di depan berhenti, maka mobil kita juga akan berhenti. Ketika mobil depan mulai jalan lagi, kecepatan Cruise Control Eclipse Cross ini kembali seperti semula, sesuai yang kita sudah atur tanpa perlu menginjak pedal gas. Bahkan, Eclipse Cross menjadi salah satu mobil termurah yang memiliki fitur ini.
Lalu, terdapat itur FCM (Forward Collision Mitigation System). Fitur ini memaksimalkan teknologi ABS yang ada di Eclipse Cross menggunakan detektor radar yang berada di atas depan kaca mobil, sehingga mampu mendeteksi kendaraan di depannya. Deteksi tersebut akan memberikan peringatan pada pengemudi untuk melakukan pengereman. Tentunya, dapat mencegah kecelakaan. Selain itu, fitur ini juga mampu mengatur sistem pengereman agar lebih maksimal, bahkan dapat berhenti otomatis bila mobil di depannya berhenti ekstrim.
Ada juga fitur AHB (Automatic High Beam) yang membuat jangkauan lampu mobil menjadi otomatis menyesuaikan pada situasi tertentu. Lampu ini akan menyesuaikan dengan kondisi di depan mobil. Saat ada mobil, sorot lampu akan otomatis turun untuk menghindari silau dari lawan arah. Bila tidak ada mobil dari lawan arah, maka sorot lampu akan naik secara otomatis untuk menerangi jalan.
Kemudian terdapat fitur Blind Spot Warning, yang kaan membantu pengemudi dalam melihat titik buta atau Blind Spot yang tidak terlihat dari kaca spion mobil. Kemudian, fitur ini memberikan peringatan kepada pengendara bahwa ada objek yang tidak terlihat di kaca spion. Hal ini akan memudahkan pengemudi untuk mengetahui apakah ada kendaraan lain di samping belakang, sehingga akan membantu saat harus pindah lajur atau menyalip kendaraan di depan.
Lalu ada Rear Cross Traffic Alert, umumnya fitur ini menggunakan sensor ultrasonic yang bisa mendeteksi pergerakan objek di sekitar mobil. Apabila ada objek yang semakin mendekat ke mobil kita, maka fitur ini akan otomatis memberi tahu.
Selanjutnya, terdapat Ultra Sonic Misacceleration Mitigation System untuk menghindari benturan saat parkir. Sistem ini akan menyalakan suara dan menampilkan peringatan saat sensor depan atau belakang mendeteksi objek yang menghalangi jalur. Tenaga mobil juga akan dikontrol untuk mencegah mobil melaju mendadak tanpa disengaja.
Fitur kenyamanan pada Eclipse Cross terbilang sangat lengkap, yang paling keren Eclipse ini memiliki Head Up Display yang memudahkan dalam memantau informasi berkendara melalui display yang berada dalam jangkauan mata. Layarnya terangkat secara otomatis saat mobil dinyalakan. Buat jangkaun mata lebih maksimal ada kontrol buat naikin turunin HUD juga niiih. Nah, selain AC Dual Zone dengan temperatur maksimal 32 derajat celcius dan minimal 18 derajat, Eclipse Cross juga punya fitur super unik, yaitu penghangat jok driver dan penumpang depan. Cocok bagi kalian yg mau menghangatkan badan tapi tetap kena hembusan angina dari AC. Kemudian, Head Unitnya juga baru banget dengan layer sentuh 7 inchi. Hal yang uniknya, kita dapat mengontrol pakai touchpad di bagian console tengah, agar tidak mendistract driver ketika harus mengoperasikan head unit sambil jalan. Lalu, tersedia juga smartphone connection, media bisa diputar termasuk USB dan Bluetooth. Ada layar informasi yang dapat menunjukkan indikator konsumsi bbm, dan sejarah berkendara. Kemudian, kita dapat mengubah vehicle setting, setting untuk KOS (Keyless Operation System), setting swipper, setting lampu, setting alarm, setting AC, dan beberapa setting lain seperti spion lipat elektrik otomatis.
Lalu MID-nya full color dan brightnessnya bisa diubah memakai tombol yang ada di samping kanan. Menunya ada trip meter A, trip meter B, pengingat service, layar active yaw control, kecepatan berkendara rata-rata dan konsumsi instan, konsumsi bbm instan, lalu sisa jarak berkendara.
Seperti yang dibahas sebelumnya, Eclipse Cross memiliki Keyless Operation system. Saat mobil dikunci, membuka mobil cukup dengan memasukkan kunci ke kantong baju kita dan klik tombol kecil hitam di handle pintu. Begitupun saat mengunci, tinggal klik tombol hitamnya. Fitur ini juga termasuk sama sistem start stop mesin, terdapat rem parkir elektrik, dan fitur auto breakhold yang dapat menahan rem otomatis begitu berhenti, agar kaki kita tidak pegel saat macet.
Lalu, terdapat tombol pengontrol audio di setir, lampu otomatis, wiper otomatis, spion lipat elektrik. Ada dua usb port di depan dan satu power outlet, kemudian satu power outlet lagi di belakang, dan juga ada dual sunroof.

Nah, keren banget kan dari tampilan luar hingga fitur-fitur canggih di dalamnya. Buat kamu yang penasaran sama Eclipse Cross buruan deh datang ke showroom Mitsubishi Arista terdekat.
Head Office
Jl. Raya Kalimalang No. 19 Duren Sawit Jakarta Timur 13440
info@arista-group.co.id
Contact Us
Jam Kerja
Jam Kerja Cabang
Senin hingga Minggu : 08.30 - 17.30
Jam Kerja Head Office
Senin hingga Jumat: 08.00 hingga 17.00
Sabtu & Minggu: Tutup
Temukan Kami Di Sini
Sitemap
© 2003 - 2020 ARISTA GROUP | Hak cipta dilindungi
Arista Group © 2019. All Rights Reserved